Search

Selasa, 23 Desember 2008

Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Meningkat

Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Tahun 2008 meningkat yaitu dengan memperoleh skor sekitar 2.6 yang menandakan adanya peningkatan dalam memberantas masalah korupsi bila dibandingkan dengan indek persepsi korupsi pada tahun 2007 yaitu yang mencapai skor 2.3, hal ini dikemukakan oleh organisasi masyarakat internasional yang menyoroti masalah korupsi yaitu Transparency International (TI).



Dalam laporannya TI mengemukakan bahwa adanya peningkatan dalam pemberantasan korupsi di Indonesia dikarenakan adanya reformasi administrasi perpajakan dan kepabeanan serta kemampuan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam mengungkapkan adanya kasus-kasus korupsi, hal ini disebutkan dalam laporannya sebagai berikut:

Indonesia's score of 2.6 continues to reflect perceptions of rampant corruption,but represents an improvement over its score of 2.3 in the 2007. CPI bold reform in the tax and customs administration and the ability of corruption eradication commission to bring forward high profile cases have recently bolstered the perception that corruption is being addressed more aggressively, even though the problem remains widespread


Namun Indonesia masih tergolong dalam negara-negara yang memiliki kasus korupsi yang cukup serius. Dari 32 Negara di Asia Pasifik hanya 10 Negara yang memilki skor diatas 5, dan sebanyak 22 Negara memiliki skor dibawah 5 yang mengindikasikan adanya masalah korupsi yang sangat serius di sektor publik.

Akan tetapi kita harus yakin bahwa Indonesia akan keluar dalam golongan Negara-Negara terkorup, karena dengan semakin banyaknya organisasi pemerintahan yang melakukan reformasi birokrasi seperti di Departemen Keuangan pada umumnya atau Direktorat Jenderal Bea dan Cukai pada khususnya maka indeks persepsi korupsi kita juga akan naik. Dan tak lupa pula dukungan masyarakat Indonesia terhadap instansi pemerintah dalam melakukan perbaikan menuju yang lebih baik harus tetap dipertahankan.

0 komentar:

Posting Komentar

Apakah Anda sangat terbantu dengan adanya Blog ini..??